Monday, December 9, 2013

Kacang sehat . .

KACANG-KACANGAN
Kematian adalah hak prerogatif Tuhan Sang Maha Kuasa, namun demikian manusia boleh mengupayakan untuk hidup lebih lama dan berumur panjang. Sehingga banyak cara yang dilakukan orang untuk dapat memiliki umur yang panjang. Salah satu upaya yang diperkirakan dapat memperpanjang umur manusia adalah dengan makan kacang-kacangan setiap hari, sebagaimana penelitian yang dilakukan oleh pakar di bawah ini.
Kabar gembira bagi Anda yang suka makan kacang-kacangan. Sebuah studi terbesar untuk jenisnya menemukan bahwa orang yang makan segenggam kacang setiap hari hidup lebih lama daripada mereka yang tidak mengonsumsinya sama sekali.
Dalam studi terhadap hampir 120.000 orang selama 30 tahun tersebut, semakin sering orang mengonsumsi kacang-kacangan, semakin kecil kemungkinan mereka untuk meninggal selama studi. Mengonsumsi kacang kurang dari sekali seminggu menurunkan 7% risiko kematian, seminggu sekali menurunkan 11%, 2-4 kali seminggu menurunkan 13%, 5-6 kali seminggu menurunkan 15%, dan 7 kali atau lebih dalam seminggu menurunkan 20%.
Pada mereka yang mengonsumsi kacang-kacangan setiap hari, peneliti utama Dr Charles Fuchs mengatakan bahwa manfaat yang paling jelas adalah pengurangan 29% kematian akibat penyakit jantung dan 11 % akibat kanker. Analisis juga menunjukkan bahwa mereka yang memakan kacang secara teratur cenderung lebih ramping dibandingkan mereka yang tidak makan kacang-kacangan, sehingga mematahkan pendapat bahwa konsumsi kacang dapat membuat gemuk.
Peneliti mengatakan bahwa pemakan kacang lebih mungkin untuk memiliki gaya hidup yang sehat, tetapi kacang itu sendiri juga berkontribusi terhadap umur yang lebih panjang. Makan kacang dikaitkan dengan gaya hidup sehat, termasuk menjadi kurang mungkin untuk merokok atau kelebihan berat badan dan lebih mungkin untuk berolahraga. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan hubungan antara makan kacang dan penurunan risiko banyak penyakit, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, batu empedu, kanker usus dan divertikulitis. Konsumsi kacang-kacangan dikaitkan dengan penurunan kolesterol, penurunan peradangan, stres oksidatif, lemak tubuh dan resistensi insulin yang menurunkan risiko penyakit-penyakit tersebut.
Tim menemukan bahwa penurunan risiko kematian tidak berbeda untuk kacang yang tumbuh di tanah maupun kacang yang tumbuh pohon seperti kacang mete, almond, hazelnut, macadamia, pecan, kacang pinus, pistachio dan kenari.
Penelitian ini tidak dirancang untuk memeriksa sebab dan akibat sehingga tidak dapat menyimpulkan secara spesifik mengapa konsumsi kacang-kacangan dapat memperpanjang umur. Namun, mereka mengatakan bahwa hasilnya sangat konsisten dengan sejumlah besar data uji observasi dan klinis yang mendukung manfaat kesehatan dari konsumsi kacang terhadap banyak penyakit kronis.
Hasil penelitian dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine edisi edisi 21 November.SUMBER 

APA SIH MANFAAT KACANG ITU UNTUK KESEHATAN?
Di bawah ini saya rangkumkan beberapa manfaat kacang-kacangan bagi kesehatan kita:
Gambar Kacang Merah - Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan
MANFAAT KACANG MERAH
Kacang merah  adalah termasuk jenis kacang-kacangan yang bisa dengan mudah ditemukan, bahkan di pasar-pasar tradisional dan harganya pun juga relatif murah.
Kacang merah sering dipergunakan untuk beberapa masakan, seperti sup, rendang, dan juga kue-kue, kini bahkan umum digunakan untuk makanan bayi mengingat kandungan nilai gizinya yang tinggi, terutama sebagai sumber protein

Kandungan Gizi pada Kacang Merah
Kacang merah kering adalah sumber karbohidrat kompleks, serat makanan (fiber), vitamin B (terutama asam folat dan vitamin B6), fosfor, mangaan, besi, thiamin, dan protein. Setiap 100 gram kacang merah kering yang telah direbus dapat menyediakan 9 gram protein atau 17 persen dari angka kecukupan protein harian.
Kandungan protein dan profil asam amino dalam 100 gr kacang merah (kidney bean) dari yang terbanyak adalah asam glutamat (1323 mg), asam aspartat (1049 mg), leucine (693 mg), lysine (595 mg), arginine (537 mg), serine (472 mg), phenylalanine (469 mg), valine (454 mg), isoleucine (383 mg), proline (368 mg), threonine (365 mg), alanine (364 mg), glycine (339 mg), dan lain-lain sisanya di bawah 300 mg.

Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan
Kacang merah mempunyai banyak sekali kandungan zat antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Semakin banyak zat antioksidan yang dikonsumsi, maka akan semakin banyak juga radikal bebas yang bisa dihancurkan.
Kacang merah merupakan bahan makanan yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol. Selain bisa untuk menurunkan kolesterol, kandungan serat yang tinggi dalam kacang merah juga baik untuk mencegah tingginya gula darah. Perlu diketahui bahwa setiap 100 gram kacang merah kering, bisa menghasilkan 4 gram serat yang terdiri dari serat larut dalam air dan serat yang tidak larut air. SUMBER
MANFAAT KACANG HIJAU BAGI KESEHATAN
Gambar Kacang Hijau - Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan
Kacang hijau masuk dalam sejenis tanaman budidaya dan palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Kacang hijau bisa diolah menjadi berbagai macam olahan. Biji kacang hijau direbus hingga lunak dan dimakan sebagai bubur. Biji matang yang digerus dan dijadikan sebagai isi onde-onde, bakpau, atau gandas turi. Kecambah kacang hijau menjadi sayuran yang dikenal sebagai tauge. Kacang hijau bila direbus cukup lama akan pecah dan pati yang terkandung dalam bijinya akan keluar dan mengental, menjadi semacam bubur. Tepung biji kacang hijau, disebut di pasaran sebagai tepung hunkue, digunakan dalam pembuatan kue-kue dan cenderung membentuk gel. Tepung ini juga bisa diolah menjadi mi yang dikenal sebagai soun.

Kandungan Gizi Kacang Hijau
Kacang hijau, yang dalam bahasa latin disebut phaseolus radiatus linn mempunyai banyak sekali kandungan gizi. Kandungan gizi yang ada pada 110 gr kacang hijau adalah 345 kalori, 22.2 grprotein, 1.2 gr lemak, 62.9 gr karbohidrat, 125 mg kalsium, 320 mg fosfor, 6.7 mg zat besi, 10 RE vitamin A, 6 mg vitamin C, dan 0.64 mg vitamin B1.

Manfaat Kacang Hijau
Kandungan kalsium dan fosfor pada kacang hijau bermanfaat untuk memperkuat tulang. Kacang hijau juga mengandung rendah lemak yang sangat baik bagi mereka yang ingin menghindari konsumsi lemak tinggi. Kadar lemak yang rendah dalam kacang hijau menjadikan bahan makanan atau minuman yang terbuat dari kacang hijau tidak mudah berbau.
Lemak kacang hijau tersusun atas 73% asam lemak tak jenuh dan 27% asam lemak jenuh. Umumnya kacang-kacangan memang mengandung lemak tak jenuh tinggi. Asupan lemak tak jenuh tinggi penting untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan vitamin B1 dalam kacang hijau berguna untuk pertumbuhan dan vitalitas pria. Oleh karena itu kacang hijau dan turunannya sangat cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang baru menikah.

Kandungan vitamin dan mineral dalam kacang hijau juga bisa bermanfaat mengobati berbagai macam penyakit seperti penyakit beri -beri, radang ginjal, tekanan darah tinggi, keracunan alkohol dan pestisida, mengurangi gatal karena biang keringat, muntaber, menguatkan fungsi limpa dan lambung, impotensi, TBC, jerawat, mengatasi flek hitam di wajah, dan menurunkan demam.
Selain itu, kacang hijau juga mengandung multi protein yang berfungsi mengganti sel mati dan membantu pertumbuhan sel tubuh. Oleh karena itu, anak-anak dan wanita yang baru saja bersalin dianjurkan untuk mengkonsumsinya. SUMBER
MANFAAT KACANG TANAH BAGI KESEHATAN
Kacang tanah sering dianggap oleh sebagian orang sebagai biang keladi penyebab munculnya jerawat. Kacang tanah merupakan tanaman budidaya yang kaya protein dan lemak. Biji kacang tanah bisa dimakan mentah, direbus (di dalam polongnya), digoreng, atau disangrai. Sementara daun dan batangnya bisa untuk makanan ternak.
Gambar Kacang Tanah - Manfaat Kacang Tanah untuk KesehatanSelain bisa menyebabkan jerawat (pada sebagian orang) kacang tanah ternyata mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan, di antaranya:
Kacang tanah kaya dengan lemak, mengandungi protein yang tinggi, zat besi, vitamin E dan kalsium, vitamin B kompleks dan Fosforus, vitamin A dan K, lesitin, kolin dan kalsium. Kandungan protein dalam kacang tanah adalah jauh lebih tinggi dari daging, telur dan kacang soya.
Kandungan serat yang tinggi pada kacang tanah sangat baik untuk kelancaran fungsi usus.
Kacang tanah bisa membantu menurunkan risiko kanker usus besar dan pembentukan batu empedu.
Kacang tanah dikenal sebagai lemak baik yang menurunkan risiko penyakit jantung dengan caramenurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh, karena kandungan resveratrol.
Karena mengandung folat niasin, mangan, protein, serta vitamin E yang melimpah, maka kacang tanah sangat bermanfaat untuk kelancaran fungsi tubuh.
Kacang tanah banyak sekali mengandung kalsium dan vitamin D, yang bisa membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi, dan dalam jangka panjang mencegah serangan osteoporosis.

Meski kacang tanah mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan, namun untuk beberapa orang yang mempunyai penyakit seperti kanker payudara dan yang mempunyai masalah jerawat atau acne sebaiknya hindari makan kacang tanah. SUMBER


Gambar Kacang Mete. Manfaat Kacang Mete
8 Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan
Kacang mete, atau yang dikenal juga dengan sebutan kacang mede atau kacang mente sebenarnya adalah biji dari jambu monyet atau jambu mede (Anacardium occidentale). Kacang mete bisa dijadikan sebagai makanan cemilan yang lezat.
Berbagai cara bisa dilakukan untuk mengolah menjadi makanan cemilan yang lezat. Bisa dengan cara aling mudah yaitu langsung dibakar, dikupas kulit bijinya lalu dimakan. Ataupun dikupas kulit bijinya, dikeringkan, lalu digoreng. Selain itu, kacang mete bisa juga dijadikan sebagai bahan campuran olahan makanan atau kue yang lezat. Tergantung kita mau mengolahnya menjadi apa.
Selain rasanya yang lezat, dalam kacang mete terkandung beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Berikut diantaranya:
1. Mencegah Kanker
Kacang mete mengandung proanthocyanidins, jenis flavanol yang terbukti bisa mencegah selkanker bereproduksi dan mematikan sel tumor. Bahkan hasil studi menunjukkan bahwa kadar tembaga yang tinggi pada mete juga membantu manangkal radikal bebas, sekaligus sumber phytochemical dan antioksidan yang baik bagi tubuh.

2. Menutrisi Rambut dan Kulit
Kacang mete kaya akan kandungan mineral tembaga yang merupakan komponen penting penyusun tirosinase. Enzim ini bertugas mengkonversi tirosin ke melanin, pigmen pemberi warna pada rambut dan kulit.

3. Menjaga Kesehatan Jantung
Kacang mete mengandung asam oleat yang berlimpah. Jenis lemak tak jenuh tunggal ini membantu meningkatkan kesehatan jantung serta mengurangi tingkat trigliserida. Selain itu, magnesium dalam kacang mete bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah serangan jantung. Risiko jantung koroner dan kardiovaskuler bisa ditekan dengan rutin mengkonsumsi kacang mete yang bebas kolesterol dan tinggi antioksidan.

4. Mencegah Batu Empedu
Menurut hasil studi oleh Nurses Health Study terhadap 80.718 wanita, diketahui bahwa wanita yang mengonsumsi setidaknya satu ons kacang setiap minggu, seperti kacang mete, memiliki risiko 25% lebih rendah terkena penyakit batu empedu.

5. Merawat Kesehatan Tulang
Kacang mete juga mengandung magnesium, zat selain kalsium sebagai penyusun tulang. Selain itu, tembaga dalam kacang mete memberikan fleksibilitas pada tulang dan sendi.

6. Baik untuk Saraf
Tidak hanya baik untuk tulang, kandungan magnesium pada kacang mete juga memberi manfaat pada aliran saraf dan otot. Magnesium menjaga pembuluh darah dan otot tetap rileks dengan cara memperlambat aliran kalsium ke sel-sel saraf.

Hasil penelitian membuktikan bahwa magnesium membantu mengurangi frekuensi serangan migrain, menurunkan tekanan darah dan membantu mencegah serangan jantung. Sebaliknya, kekurangan magnesium dalam tubuh dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, ketegangan otot, dan lelah.

7. Meningkatkan fungsi otak
Kacang mete bisa membantu meningkatkan oksigen ke otak. Kacang mete memainkan peran penting dalam meningkatkan memori. Hal ini dikarenakan lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal berkaitan dengan produksi sel otak. Otak bergantung pada kedua jenis lemak ini, dan kacang mete memiliki kandungan yang tinggi akan kedua lemak tersebut.

8. Menurunkan Berat Badan
Mereka yang mengkonsumsi kacang mete dua kali seminggu cenderung terhindar dari kegemukan. Sekitar 75 % lemak yang terkandung dalam kacang mete adalah lemak tak jenuh (unsaturated fats) yang merupakan lemak baik.

Selain itu, kacang mete mengandung serat dalam jumlah tinggi. Lemak baik membuat kacang mete dapat membantu menurunkan berat badan dan memberikan lebih banyak energi pada tubuh. Kacang mete juga membantu memperlancar metabolisme tubuh. SUMBER

No comments:

Post a Comment