Tuesday, September 16, 2014

SUPRANATURAL

DIATAS KEKUATAN SUPRANATURAL
Tidak bisa kita pungkiri adanya kelompok mahluk lain yg bernama JIN dalam kehidupan didunia ini. Dan Jin juga mempunyai tingkatan2, kemampuan2 & kekuatan2..
Kemampuan jin bisa juga dikatakan sebagai kekuatan supranatural (diatas alamiah) dilihat dari sisi pandangan umum..
Karena kemampuan supranatural Jin inilah, maka kerapkali dijadikan tempat meminta bantuan bagi org2 seperti Dukun atau Tukang Sihir yg menggunakan kekuaatan Jin spt untuk Kebal senjata tajam, memelet seseorang, meneluh, memindahkan/mencari/menjaga barang, membuat agar terlihat wibawa, dsb..
-----
Selain kekuatan supranatiral Jin, adapula kekuatan supranatural yg dimiliki oleh manusia yg memiliki ilmu dari kitab. Biasanya kemampuan ini dikenal dengan istilah "Kharomah".
Dengan ilmu dari kitab itu, seseorang yg dianggap memiliki kharomah, ia bisa menghilang, berjalan diatas air, memindahkan/mengadakan sebuah barang, bisa berjalan dengan amat cepat, dsb..
Orang2 kharomah ini jg banyak menjadi sandaran bagi banyak orang karena ilmunya yg dianggap sangat tinggi..
---
Kedua kekuatan supra natural ini ada didalam kehidupan nyata didunia dan dikisahkan pula didalam Al-Qur'an..
Ketika Nabi Sulaiman hendak memindahkan singgasana Ratu Balqis, Nabi Sulaiman bertanya: "Hai pembesar2, siapakah diantara kamu yg sanggup membawa singgasana (ratu balqis) kepadaku...." (QS. An-Naml:38)
Lalu ifrit (yg cerdik) dari golongan Jin berkata:
"Aku akan datang kpdmu membawa singgasana itu sebelum kamu berdiri dari tempat dudukmu.." (QS. An-Naml:39)
Lalu berkatalah seseorang yg mempunyai ilmu dari kitab: "Aku akan membawa singgasana itu padamu sebelum matamu berkedip". (QS. An-Naml:40)
Dari cerita itu kita bisa dapati bahwa kekuatan orang yg memiliki ilmu dari kitab jauh lebih cepat drpd kemampuaan Jin ifrit (yg cerdik),.
Lalu adakah yg lebih hebat kemampuannya dari orang yg memiliki ilmu dari kitab itu....?
Ya, ada... Yaitu "Sulaiman" itu sendiri..
Karena Sulaiman adalah rajanya dan keduanya (jin & org yg memilliki ilmu dr kitab) bekerja sebagai pembantu Sulaiman..
Kisah itu dituliskan pd surat An-Naml yg berarti "Semut", bahwa kemampuan mereka2 dibanding kemampuan Sulaiman seperti layaknya seekor semut yg begitu kecil..
Ilmu apakah sebenarnya yg dimiliki Sulaiman itu..? Sehingga kemampuan supranatural Jin dan org yg memilliki ilmu dr kitab itu menjadi kecil dibanding ilmu Sulaiman..?
-----
Sulaiman berasal dari kata Salaman akar katanya "Salam".. Dalam bahasa Ibrani ia dikenal dgn nama "King of Solomo" (Raja Perdamaian)
Jika kita mendengar kata "Salam", tentu kita sudah mengetahui, apa maknanya.. Salam, aslam, Islam..
Kedamaian, kebahagiaan, keselamatan..
Kemampuan yg dimiliki oleh Jin dan org yg diberi ilmu dari kitab itu belum tentu dipergunakan untuk kemaslahatan org banyak. Bisa jadi kemampuannya itu digunakan utk kepentingannya sendiri.
Tetapi "Salam" tentu digunakan untuk sesama pada dimensi alam yg lebih luas..
Jadi, tidak perlu kita takjub dgn kemampuan Jin yg terhebat sekalipun, atau juga kpd org2 yg memiliki kharomah..
Tetap jadi diri sendiri saja, ditonjok ya sakit, dipukul ya memar, memindahkan suatu barang dgn tangan biasa, membangun singgasana dengan bekerja yg halal menabung lalu uangnya utk membangun, dsb..
Bila dalam hidup ini kt selalu menebarkan "Salam" menebarkan ketenangan, kebahagiaan, kepada siapa saja, maka itulah ilmu yg lebih tinggi..
Dengan itu kt akan mendapat banyak teman2 yg siap membantu kita, hidup akan tentram, tdk tertekan dan kt akan disukai oleh alam dengan sendirinya.. Itulah kerajaan yg BESAR.. Sebuah makna ibarat dari "Kerajaan Sulaiman.."
----
Ilmu Sulaiman yg paling terkenal tertulis dalam suratnya kpd ratu Balqis yg berisi: "Bismillahirrohmanirrohim" (QS. An-Naml:30)
Dengan bismilah itu, Sulaiman menundukkan ratu balqis dan men-Tauhidkan tanpa ada peperangan..
Maka dasar pokok dari ilmu "Salam" itu sendiri sebenarnya adalah: "Bismillahirrohmanirrohim"
Semuanya karena, dari, untuk, oleh, kepada, atas, dengan: "KASIH SAYANG ALLAH.."
itulah anugerah yg paling terbesar..
SALAM

No comments:

Post a Comment